Travel News:

Pantai Goa Cina, Malang

Gabung Bersama Teman-teman Di Facebook BTrav Indonesia :

Kota Malang banyak menawarkan keindahan pantai di sepanjang daerah ujung selatan, salah satu nya seperti Pantai Goa Cina yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan.

Pantai ini terletak di Desa Bantengan, Kecamatan Sumber Manjing, Malang. Asal mula nama pantai ini diceritakan oleh penduduk sekitar bahwa dahulu kala ada seorang biksu yang sedang bertapa di dalam goa, yang terletak di bukit pinggir laut. Ketika ada orang yang masuk ke dalam goa tersebut, ia menemukan sang biksu sudah meninggal dan tinggal tulang belulang. Biksu tersebut meninggalkan tulisan mandarin di langit-langit goa dan sebuah mangkuk.

Konon, goa ini sering dikunjungi oleh masyarakat guna meminta berkah atau mencari peruntungan dengan datang membawa batang pohon papaya. Tapi itu semua terserah keyakinan anda, boleh percaya boleh tidak.

Terlepas dari mitos yang berkembang di tengah masyarakat sekitar pantai, pantai tersebut menawarkan keindahan tersendiri dari pantai lainnya yang ada di Malang. Selain kebersihan pantainya yang masih terjaga, di pantai tersebut juga menyediakan camp ground untuk yang suka camping. Terdapat beberapa deretan tebing di dekat pantainya.Air lautnya yang biru, deburan ombak dan angin pantai yang sepoi-sepoi menambah keindahan suasana pantai.

Di sana juga terdapat beberapa batu karang besar di sebelah kanan dengan ombak yang lebih besar, di salah satu tebingnya terdapat sebuah goa. Untuk memasuki goa tersebut anda harus menaiki batu-batu karang dengan jalan yang sempit. Pantai ini mulai ramai dikunjungi wisatawan, apalagi saat hari libur. Beberapa fasilitas seperti warung makan, musholla, kamar mandi, hingga tempat parker pun sudah tersedia.

Untuk menuju pantai ini, bisa menghabiskan sekitar 2 jam dari Kota Malang. Bila hendak kesana, dari Kota Malang anda harus menuju Desa Turen. Kemudian anda harus mengambil arah Desa Sumber Manjing Wetan. Hampir sepertiga perjalanan, anda akan disuguhi pemandangan gunung kapur yang indah di sepanjang tanjakan Desa Druju. Setelah itu anda harus memilih jalur melalui Desa Sendang Biru, ini jalur yang relatif aman dengan jalan yang beraspal mulus.

Kemudian anda akan samapi di Desa Bajul Mati, dan akhirnya setelah melalui pertigaan, sampailah anda di Pantai Goa Cina. Di Kota Malang sendiri mempunyai banyak tempat wisata yang sayang anda lewatkan, setelah berwisata di Pantai Goa Cina ini, anda bisa melanjutkan perjalanan anda dengan menjelajahi tempat-tempat wisatanya.

 

Bagikan Ke Teman :

BTrav Indonesia Di Facebook :

Bagaimana pendapat anda tentang "Pantai Goa Cina, Malang"?